Freight Forwarder > Uncategorized > Jasa Ekspedisi Medan Mulai Berguguran

Jasa Ekspedisi Medan Mulai Berguguran

Freight Forwarder
Freight Forwarder Indonesia
International Freight Forwarder

Jasa Ekspedisi Medan Mulai Berguguran
Pengusaha ekspedisi muatan kapal laut (EMKL) di Pelabuhan Belawan, Medan, tampaknya harus bekerja lebih keras. Ini lantaran tingkat persa- ingan usaha dalam bisnis ini sa- ngat tinggi.
Buktinya, Gabungan Forwarder dan Ekspedisi (Gafeksi) Sumatra Utara sudah mencatat sekitar 50% perusahaan EMKL rontok akibat persaingan yang ketat. Dari 170 perusahaan yang beroperasi kini hanya tersisa sedikitnya 80 perusahaan anggota Gafeksi yang masih beroperasi. “Rata-rata perusahaan yang masih aktif ini pun tak lagi perusahaan lokal melainkan milik asing meski nama dan pemilik yang terdaftar tidak berubah,” kata Hasnil Basri Siregar, Ketua Gafeksi Sumatra Utara, kemarin (24/2).

Gafeksi juga menunjukkan sebanyak 30% dari 70% muatan yang ditangani EMKL lokal sudah dikuasai perusahaan asing, termasuk perusahaan angkutan barang atau pemilik barang’ langsung.

Hasnil menduga rontoknya perusahaan lokal ini lantaran pemerintah memberikan kemudahan bagi investor asing dan siapa pun mendirikan perusaha an ekspedisi ini. Melalui kebijakan ini, dia mengatakan orang bisa mendirikan perusahaan dengan hanya berbekal Nomor ‘ Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan akta perusahaan.

Asal Anda tahu saja, kebijakan pemerintah yang memberatkan usaha Gafeksi bukan hanya kali ini saja. Sebelumnya, kebijakan pemerintah yang menge luarkan Peraturan Pemerintah Nomor 65/PMK.04/ 2007 tentang Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan juga membuat leher pengusaha EMKL tercekik. Melalui aturan ini, pengusaha yang tergabung dalam Gafeksi wajib menyetorkan uang Rp 250 juta sebagai syarat berusaha. Uang jaminan ini naik 10 kali lipat dari ketentuan sebelumnya. Kendati persaingan sangat kompetitif, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatra Utara mengingatkan pengusaha ekspedisi tidak sampai merusak jasa pengangkutan barang. Ini lantaran negara importir tertentu sangat ketat soal ketentuan barang yang diperbolehkan masuk ke negaranya. “Jangan karena persaingan nama baik Sumatra Utara yang memiliki berbagai komoditas unggulan dengan tujuan terbesar untuk ekspor jadi tercoreng,” kata Khairul Mahalli, Wakil Ketua Kadin Sumatra Utara Bidang Perdagangan Luar Negeri. Edy Can, Antara

Enter your email address:

Freight ForwarderJasa Ekspedisi Medan Mulai BerguguranJasa Ekspedisi Medan Mulai Berguguran
Freight Forwarder Indonesia Jasa Ekspedisi Medan Mulai Berguguran This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.• TwitterFacebookFeed

Comments are closed.