Freight Forwarder > Berita > soekarno hatta open 24 hours

soekarno hatta open 24 hours

Freight Forwarder
Freight Forwarder Indonesia
International Freight Forwarder
Jasa & Transportasi
Kamis, 12/11/2009
Soekarno-Hatta dibuka 24 jam
Konektivitas antarpulau masuk prioritas
JAKARTA: Selain mengoperasikan empat pelabuhan utama secara penuh, pemerintah juga membuka layanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, 24 jam mulai Januari 2010 untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa angkutan udara. “Selain optimalisasi national single window, supaya kegiatan ekspor impor tidak terhambat, kami juga minta pengoperasian 24 jam empat pelabuhan utama sekarang, termasuk Bandara Soekarno-Hatta,” kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi seusai membuka Rapat Koordinasi Teknis Penelitian Transportasi, kemarin.

Pengoperasian pelabuhan 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu termasuk dalam program 100 hari pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II. Rencana operasional 24 jam penuh itu ditargetkan berlaku efektif mulai Januari 2010.

Keempat pelabuhan tersebut, yakni Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Makassar, dan Belawan Medan. Adapun bandara internasional yang akan dioperasikan 24 jam penuh adalah Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Menhub memaparkan program operasi 24 jam itu untuk mendukung pelaksanaan national single window yang membutuhkan koordinasi antarinstansi di pelabuhan dan bandara, termasuk Departemen Perdagangan dan Departemen Keuangan.

Program operasi 24 jam bertujuan meningkatkan arus kargo dan penumpang di dalam negeri. “Kita harus koordinasikan dengan baik supaya kalau ada kargo masuk pukul 2 pagi, bagaimana pelayanannya. Itu target kita bersama, agar kita bisa buktikan jika hal itu dilakukan dengan baik keluhan pelayanan kapal selama ini bisa terhindar,” ujarnya.

Freddy mengharapkan pelayanan 24 jam itu didukung instansi lain di pelabuhan dan bandara demi kepentingan pelayanan publik. “Semuanya, termasuk Bea Cukai dan pelayanan visa on arrival. Itu sudah dicoba kemarin sewaktu tenaga kerja Indonesia pulang dari Kuwait. Kami bekerja sama dengan Departemen Hukum dan HAM untuk pelaksanaan itu [visa on arrival],” papar Menhub.

Konektivitas antarpulau

Selain rencana operasional pelabuhan dan bandara 24 jam, Menhub menekankan konektivitas antarpulau masuk dalam program prioritas Dephub.

Dia menargetkan dalam waktu 1 tahun, sejumlah pelabuhan di daerah terpencil akan dibuka tanpa mengeluarkan anggaran lagi. “Karena sudah ditetapkan dalam APBN, dan gak mungkin mencari dana lagi,” jelasnya.

Wakil Menhub Bambang Susantono menyatakan perekonomian Indonesia berpotensi tumbuh 7%-8% jika konektivitas di dalam negeri meningkat dibandingkan dengan kondisi saat ini.

“Pertumbuhan ekonomi bisa capai 7%-8% kalau konektivitas berjalan baik,” katanya.

Dirjen Perhubungan Laut Dephub Sunaryo menambahkan prosedur operasional 24 jam di pelabuhan menyangkut lintas institusi karena banyak pihak yang menangani ekspor impor di pelabuhan.

Dephub segera mengundang semua instansi di pelabuhan guna mengoordinasikan program operasional 24 jam di pelabuhan. “Tujuannya tidak bisa ditawar, 24 jam sudah harga mati,” tegas Sunaryo.

Dia menargetkan pelayanan 24 jam dapat diterapkan di semua instansi guna memberikan layanan publik yang tepat waktu dan tepat mutu.

Untuk pengelolaan tenaga kerja bongkar muat di Tanjung Priok, pihaknya segera menggelar koordinasi untuk memecahkan kebuntuan masalah bongkar muat di pelabuhan pada pekan ini.

“Bagaimana kita memberikan peluang sebesar-besarnya agar tenaga kerja bongkar muat bisa mendukung layanan 24 jam di pelabuhan,” ujarnya.

Sunaryo menambahkan pihaknya segera meresmikan otoritas pelabuhan di sejumlah pelabuhan, menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No.61/2009 tentang Kepelabuhanan

Enter your email address:

Freight Forwardersoekarno hatta open 24 hourssoekarno hatta open 24 hours
Freight Forwarder Indonesia soekarno hatta open 24 hours This entry was posted in Berita and tagged , . Bookmark the permalink.• TwitterFacebookFeed

Comments are closed.