Freight Forwarder > Berita > INFO INWARD MANIFEST

INFO INWARD MANIFEST

Freight Forwarder
Freight Forwarder Indonesia
International Freight Forwarder

Kepada Yth. Teman-teman GAFEKSI,

Sehubungan dengan banyaknya kasus data cnee yang tidak lengkap pada Inward Manifest di BC akhir-akhir ini, saya ingin berbagi informasi bahwa standar sistem yang tersedia untuk pengetikan nama & alamat cnee pada sistem airlines hanya terbatas pada 35 karakter saja.

Ini adalah standar IATA yang tidak bisa diubah oleh Airlines (kecuali IATA yang melakukan) dan inilah sebetulnya yang menjadi masalah sering terjadinya proses redress dan keterlambatan pengeluaran barang.

Kendala yang sering terjadi adalah: Nama dan/atau alamat yang ada di Air Waybill lebih dari 35 karakter. Walaupun tidak mungkin mengatasi masalah ini seluruhnya, paling tidak tips sbb bisa membantu mengurangi proses redress.

1. Usahakan untuk mempersingkat alamat cnee yang ada.

2. Informasikan/kirim pre-alert ke shipper tentang nama/alamat cnee yang ingin di cetak pada Air Waybill. Contoh: Nama & Alamat sebelum disederhanakan:

PT Uniair Indotama Cargo

Kompleks Pergudangan Soewarna Unit A2-3 Taman Niaga Soewarna, Soekarno-Hatta International Airport Cengkareng –

Jakarta, Indonesia (+ kode pos)

Nama & Alamat sesudah disederhanakan:

PT Uniair Indotama Cargo Komp.

Pergudangan Soewarna Unit A2-3 Jakarta,

Indonesia (+ kode pos)

Airlines secara internal akan secara terus menerus untuk mengingatkan pihak terkait untuk memasukkan data AWB ke sistem seperti apa yang tercetak di AWB. Untuk nama & alamat cnee yang memang harus diketik lebih dari 35karakter, mau tidak mau harus dilakukan redress manual ke BC & berdasarkan peraturan BC memang dikenakan biaya PNBP sebesar Rp.50,000., namun banyak yang komplain melaui telepon bahwa biaya yang timbul lebih dari itu tetapi kami tidak dapat berkomentar lebih banyak. Demikian semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Brgds, Kevin/CI.

Enter your email address:

Freight ForwarderINFO INWARD MANIFESTINFO INWARD MANIFEST
Freight Forwarder Indonesia INFO INWARD MANIFEST This entry was posted in Berita and tagged . Bookmark the permalink.• TwitterFacebookFeed

Comments are closed.